Selasa, 05 April 2011

Perkembangan Tehnologi Informasi


Nama                 : SAMSURI
Mata Kuliah       : Perkembangan Tehnologi Informasi
Kelompok          : AB 

Pengembangan dan cara apa yang dilakukan oleh surat kabar online sebagai alternatif menghadapi pesaing nya?
·       Jawaban nya   : Dengan cara selalu memberikan yang terbaik dan cepat memberikan berita dala media online atau sutis di Internet.

Dalam cara apa koran online menawarkan ilusi interaktivitas, tetapi bukan realitas? Dimana kekuatan editorial nyata terletak, menurut Katz?
·       Yaitu dengan memberikan petunjuk atau himbauan terhadap adanya hal ilusi suatu interaktivitas dalam media Koran online. Bahwa mereka bisa memberikan opini tentang informasi yang ada yang berkaitan dengan apa yang di publish. Dengan adanya opini-opini resmi dari suatu media tersebut, maka kekuatan media tersebut semkin kuat. Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan.

Bagaimana ledakan media baru benar-benar membuat koran-koran dan wartawan lebih penting, perlu dan berguna dibandingkan sebelumnya?
·       Dengan adanya atau bermunculannya media baru, semakin masyarakat berpikir kebutuhan akan informasi menjadi lebih penting. Tidak heran jika banyak masyarakat berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan media baru itu untuk mencari segala informasi yang ada. Sudah tidak tabu lagi jika segala informasi (berita) menjadi menu sehari-hari, karena di zaman sekarang ini orang akan dipandang sebelah mata jika tidak mengetahui segala sesuatu apa yang telah terjadi di dunia ini. Oleh karena itu peran wartawan dalam mencari berita sangat penting dan diperlukan sekali dalam proses pencarian informasi, begitupun juga media konvensional seperti koran yang sekarang ini bisa dikatakan sudah agak terlupakan oleh masyarakat tetapi banyak juga masyarakat yang masih membutuhkan koran sebagai media pengantar informasi yang sudah ada sejak zaman dimana media cyber belum membooming. Karena media Koran termasuk media yang mudah ditemukan, praktis, bisa dibawa (dibaca) dimana-mana, bisa dibaca berulang-ulang, harganya terjangkau dan pastinya semua orang bisa untuk mendapatkannya. Dengan adanya ledakan media-media baru yang ada sekarang ini justru membuat media koran dan juga wartawan menjadi sangat lebih penting lagi dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Karena jika tidak ada wartawan yang bertugas dalam pencarian berita apalah arti media-media baru yang notabenenya berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan informasi.

Apa peran wartawan ketika siapapun yang memiliki komputer dan koneksi internet bisa mengklaim seorang reporter, editor dan penerbit?
·       Seorang wartawan bisa saja mengusut atas tindakan pengklaiman yang terjadi dalam dunia cyber. Dengan menggali lebih dalam atas kasus tersebut sehingga menemukan benang merah terhadap pengklaiman yang terjadi pada seorang reporter, editor, dan penerbit. Dan pastinya perusahaan yang menaungi korban (reporter, editor, penerbit) bisa melaporkannya kepada yang berwajib atas pencemaran nama baik mereka bahkan mendapatkan denda sesuai tindakan pengklaiman tersebut.

Apakah wartawan profesional akan dibutuhkan bahkan di zaman ketika orang bisa mendapatkan berita mereka" tanpa filter "dengan proses editorial?
·       Wartawan professional masih akan tetap dibutuhkan, karena tanpa adanya wartawan informasi secara luas tidak mungkin bisa terdengar oleh masyarakat. Wartawan disini bukan hanya sebagai orang yang mencari berita tapi juga memfilter atas semua informasi yang tidak terjamin kebenarannya. Walaupun ketika kebanyakan masyarakat yang mendapatkan informasi “tanpa filter” pastinya mereka akan mencari tahu tentang kebenaran yang sesungguhnya. Dan ini kembali lagi menyangkut kredibilitas seorang wartawan professional.

Bagaimana dengan penonton? Berikan penjelasan tentang penurunan kewaspadaan editorial tradisional, apakah yang konsumen berita lakukan sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi?
·       Jelas, konsumen sekarang sudah memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih pintar dalam mencari informasi apalagi dengan adanya media cyber yang sekarang-sekarang ini bermunculan di kalangan masyarakat. Dengan adanya media komunikasi dengan inovasi baru, masyarakat lebih memilih media yang modern ini untuk dijadikan alat sebagai pencari informasi karena selain memiliki kecepatan dalam mengupdate informasi media ini pun dapat dibawa kemana-mana. Jadi masyarakat sekarang ini sudah menjadi lebih pintar dalam mencari informasi. Walaupun memiliki penurunan kewaspadaan terhadap editorial tradisional, masyarakat tetap tidak meninggalkan hal itu, bahkan mereka lebih mendalam lagi untuk mencari informasi-informasi melalui media komunikasi lainnya sebagai penunjang informasi yang ada pada editorial tradisional tersebut.


Tunjukkan perbedaan pendekatan Slate dan Salon pada isi jurnalistik dan editorialnya?
·       kalau slate magazine itu lebih ke dalam hal hal politik, jika salon magazine itu lebih bervariasi topiknya  yaitu dengan pengetahuan tentang musik, buku, dan film.

Dengan pemikiran ini, bagaimana Anda berpikir penonton untuk Slate dan Salon mungkin berbeda?
·       karena dari content medianya tersebut saja sudah sangat berbeda sehingga dapat dibedakan audiencenya.

Mengapa David Talbot editor majalah Salon memanggilnya "tabloid pintar"?
·       karena dari situ kita dapat memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai jenis pengetahuan contohnya saja tentang musik, buku, film dan lain sebagainya. Dan dari situ juga dapat membuat pola pikir masyarakat menjadi lebih pintar.


Michael Kinsley editor Slate menggambarkan pekerjaannya sebagai "menciptakan lingkungan dan majalah." Apakah ini berlebihan?
·       menurut saya ini tidak berlebihan, karena di satu sisi dalam pekerjaan itu merupakan penciptaan dalam lingkungan  di sekitar kita dan pastinya menciptakan sebuah produk yang bercirikan atau berkarakteristik berbeda dengan magazine lainnya.

Paket program radio komersial sifat formatnya homogen untuk segmentasi tertentu. Sampai sejauh mana radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio?
·       Sampai sejauh ini Radio digital akan membuka cakrawala baru untuk audio dengan cara radio streaming.  Melalui radio streaming kita dapat mendengarkan siaran radio dengan menggunakan internet dan kita bisa mendengarkannya di mana saja. Contoh kita berada di luar jakarta dengan radio streaming kita bisa mendengarkan siaran radio yang ada di stasiun radio Jakarta, selain itu dengan radio streaming kita tidak hanya mendengarkan suara penyiarannya saja melainkan kita dapat melihat penyiar yang sedang siaran di radio karena menggunakan camera studio. Dengan radio steaming radio sudah tidak terpaku lagi oleh jangkauan pemancar yang terbatas.

Dalam hal apa Internet dan World Wide Web, merevolusi cara radio ditransmisikan, diproduksi dan dikenal?
·       internet dan world wide web, bisa sangat cepat di akses oleh siapapun. Internet pertama kali di kenalkan oleh tentara AS dan di berikan aparnet. Tahun 1994, Sir Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C). Hasil karya beliau tidak dipatenkan sehingga dapat di akses oleh siapapun dengan bebas.

Bagaimana perekaman digital dan teknologi mengedit membuka kemungkinan kreatif untuk komentator radio di seluruh dunia?
·       Karena dengan perekaman digital dan teknologi mengedit para komentator radio seluruh dunia dapat menyajikan suatu informasi kepada masyarakat dengan cara yang berbeda sehingga dapat memberikan kesan yang baik saat memberikan informasi dari suatu berita.

Apakah Anda setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan, yang pernah terputus lanskap budaya, mendominasi sekarang ini? Apa pendapat Anda tentang tren ini?
·       Ya, saya setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini, karena menurut saya pada sekarang ini iklan di televisi sudah sangat banyak sehingga durasi untuk iklan lebih panjang dibanding durasi acara televisi. Dan karena pada saat ini disetiap rumah telah memiliki televisi, sehingga yang menyaksikan televisi sangat banyak, karena faktor tersebut, perusahaan-perusahaan ingin membuat iklan dan disiarkan di televisi agar banyak orang yang menyaksikan sehingga lebih efektif untuk memperkenalkan produk yang dipasarkan.

Mengapa masalah iklan komersial lebih terlihat jelas di radio daripada di televisi?
·       Karena menurut saya, iklan yang ditayangkan ditelevisi lebih mahal di banding iklan yang disiarkan diradio, jadi karena faktor biaya maka kebanyakan iklan yang ditayangkan ditelevisi berdurasi tidak panjang sehingga isinya sangat singkat dan cepat, dan perlu berfikir sejenak untuk memahami iklan tersebut (berbelit-belit). dan beda dengan iklan yang diradio, iklan di radio bersifat tidak perlu berfikir panjang untuk memahami maksud iklan tersebut (to the point).


Bagaimana system cash time-compression membuat lebih banyak ruang untuk iklan saat penyiaran radio?
A.  radio bisa menyusun materi penyiaran dengan mengurangi materi penyiaran dan menambah ruang untuk iklan. contoh, pada awalnya persentase penyiaran pada sebuah radio itu, materi dan musik sebesar 80 % dan iklan 20%,
B.    radio dan pihak iklan bisa berunding sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu membagi rata antara penyiaran materi dengan iklan, contoh materi 50%, iklan 50%.
C.    radio dan pihak iklan bisa berunding untuk memasukan iklan kedalam materi penyiaran yang sedang dibahas. contoh, apabila sedang membahas materi dimasukkan iklan-iklan yg mendukung materi tersebut.
Apa daya tarik mendasar, bila petunjukan ditunjukkan berdasarkan pengalaman kehidupan nyata? Mengapa penonton begitu tertarik dengan mereka?
·         apabila suatu acara televisi dapat mewakili perasaan dan emosi para penonton, maka tayangan acara tersebut dianggap berhasil oleh para masyarakat. karena biasanya isi dari acara, menggunakan skenario yg ada dimasyarakat, contoh sinetron cinta fitri, menggunakan cerita fiktif dan mirip dengan cerita nyata pada kehidupan sehari-hari.


Untuk industri televisi, apa keuntungan ekonomi dari reality show atas seri scripted?
·       seperti yg sering kita lihat di salah satu stasiun televisi banyak sekali program acara yg menyajikan realty show, karena selain sinetron. program acara realty show tersebut banyak meraih keuntungan yang sangat besar dari segi ekonomi para PH (Production House). karena masyarakat merasa terhibur dan penasaran dengan adanya program tersebut minggu-minggu berikutnya, oleh karena itu iklan dan program acara televisi saling berhubungan / berkaitan untuk menarik para penonton untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.


Apa motivasi AT & T untuk memperoleh Tele-Communications Inc (TCI), dan bagaimana akuisisi seharusnya untuk membantu AT & T mempertahankan posisinya sebagai penyedia terkemuka komunikasi terpadu?
·       motivasinya karena masyarakat di dunia ini sudah tidak asing lagi dalam hal komunikasi artinya ini sudah mendunia, cara mempertahankannya yaitu dengan menjaga atau mempertahankan konsumennya agar tidak lari ke yang lain.


Bagaimana merger menggambarkan kecenderungan menuju konvergensi dalam industri telekomunikasi?
·       Kecenderungan konvergensi dalam industri teknologi dapat dilihat dari semakin berkembangnya penggunaan media online untuk menunjang kebutuhan informasi maupun komunikasi pada khalayak



Untuk mempertoleh akses internet kecepatan tinggi, apa keuntungan unik dari jaringan kabel? Apa yang masih dibutuhkan oleh jaringan telepon tradisional?
·       Keuntungannya adalah melakukan transfer data dalam jumlah yang sangat besar dengan stabil dan kecepatan tinggi seperti transfer data multimedia professional berkualitas. Yang masih diinginkan jaringan telepon adalah dapat terus dimanfaatkan oleh khalayak untuk berkomunikasi, agar tidak tergeser oleh berbagai inovasi dalam teknologi komunikasi.

Apakah realistis untuk berpikir bahwa sebuah perusahaan tunggal akan dapat memberikan suatu "one-stop shop" untuk jarak jauh, TV nirkabel, kabel, dan layanan internet broadband di seluruh bangsa sebagai satu paket dengan tagihan tunggal? Apakah pengaturan tersebut bahkan diinginkan?
·       mungkin saat ini belum diinginkan oleh masyarakat, namun lambat laun masyarakat akan menginginkan one-stop shop untuk jarak jauh, TV nirkabel, kabel, dan layanan internet broadband di seluruh bangsa sebagai satu paket dengan tagihan tunggal. karena bagi masyarakat akan lebih efisien dan hemat waktu.






Di antara empat perusahaan baru AT & T spin-off : AT & layanan T konsumen, AT & jasa T bisnis, AT & T layanan broadband, dan AT & T layanan nirkabel – mana yang menurut Anda akan menjadi yang paling kompetitif dan yang paling rentan? Mengapa?
·       Ketiga situs direktori yang merupakan proyek spin-off dari Proyek Direktori Terbuka tersebut masih berjalan dengan normal sampai sekarang, dengan sistem yang masih sama seperti awal ketiga situs direktori ini dibuat.

Apa bahaya dan manfaat dari merger Time Warner AOL, dari perspektif konsumen dan perusahaan yang terlibat?
·       Manfaatnya masyarakat dapat menerima informasi melalui media tradisional, tetapi bahayanya media tersebut tidak update dalam jangka waktu yang cepat sehingga konsumen dapat tertinggal dari informasi-informasi yang terbaru.

Apa motivasi America Online untuk mengakuisisi Time Warner, dan mengapa Time Warner, raksasa media tradisional, setuju untuk diakuisisi oleh layanan online?
·       karena Time Warner ingin mengembangkan usahanya dalam hal media, dengan adanya penggabungan media tradisional dengan layanan online mereka beranggapan akan semakin berkembang usahanya dalam hal media komunikasi.


Apa yang perusahaan merger tekankan tentang lingkungan yang kompetitif media broadband di era digital?
·       perusahaan pastinya melihat para pesaing yang ada dan berusaha untuk mempertahankan konsumenya untuk tetap pada media broadband yang ia gunakan. Dan bisa saja perusahaan tersebut memperluas segmentasi penggunanya untuk dapat mempertahankan para pengguna media broadband.


Menurut pendapat Anda, apakah melakukan merger dari America Online dan Time Warner dan AT & T dan TCI mengancam kebebasan akses ke internet? Mengapa atau mengapa tidak?
·       karena pada awalnya sebelum mereka bergabung menjadi satu perusahaan pastinya mereka membuat kesepakatan terlebih dahulu tentang segala sesuatu yang ada pada struktur perusahaan tersebut, terutama dengan pengaksesan ke jaringan internet.

Mengapa perdebatan melalui jaringan broadband bukan hanya tentang masa depan internet tapi tentang masa depan media komunikasi umum?
·       Karena dunia internet masih ada hubungannya dengan komunikasi. Media internet sama juga dikatakan sebagai media komunikasi yaitu sebagai penyalur informasi. Bukan hanya itu saja media internet atau yang sekarang ini dikatakan media cyber bukan hanya sebagai media penerimaan informasi saja, tetapi disini kita juga bisa memberikan informasi kepada khalayak dan juga kita dapat chatting dengan siapapun yang berada tanpa adanya batas jarak dan waktu, jadi media internet sangat berkaitan sekali dengan media komunikasi.

Jika perusahaan kabel berhasil menjadi penyedia layanan internet yang dominan, apakah inovasi dan kreativitas yang telah ditandai Web sampai sekarang akan hilang?
·       karena layanan Web tersebut bisa dijadikan penunjang untuk penggalian informasi yang lebih mendalam lagi, karena walaupun perusahaan kabel menjadi penyedia layanan internet yang dominan, pastinya masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan media cyber untuk masuk ke dalam situs web jika mereka berada di suatu tempat artinya mereka tetap membutuhkan media tanpa kabel (wireless) agar bisa digunakan dimana saja dan kapan saja untuk proses pencarian informasi.

REFERENSI














2 komentar:

  1. Jammin' Jars Casino in Branson - JTM Hub
    Jammin Jars 경산 출장마사지 Casino & Hotel Branson, 구리 출장샵 the hotel's sister property and the world's largest non-smoking 영주 출장마사지 poker room, is 시흥 출장샵 located in the city of J&M Casino - Branson, 서산 출장안마

    BalasHapus